Sebagai Negara yang memiliki penduduk terbesar ke-3 didunia menjadikian Indonesia Negara yang sulit untuk menerapkan budaya politik bagi masyarakatnya terutama pada usia dini, sehingga menyebabkan Indonesia sulit untuk mengembangkanpolitik di negaranya sendiri, bahkan terkadang ranah politik dijadikan ladang penghidupan bagi para aktornya atau bahkan sering disalah gunakan untuk mencari penghasilan dengan cara yang tidak sewajarnya, itulah INDONESIA.

Yang akan dibahas kali ini adalah tentang penerapan politik itu sendiri bagi para pemuda atau bisa dikatakan penerapan politik pada usia dini, karena akhir-akhir ini jarang ditemukan para pemuda yang peduli akan politik, bahkan banyak diantara mereka yang hanya mengenal namanya saja tanpa mengetahui apa yang dikandung didalam kata tersebut.

Penerapan politik pada usia dini dapat dilakukan dengan bebagai cara, salah satunya adalah dengan pemilihan ketua osis di sekolah, karena berkaitan tentang bagaimana para rakyat memilih pemimpinnya, yang dimaksud para rakyat disini adalah para siswa dan yang menjadi pemimpinnya adalah ketua osis itu sendiri .

Dalam hal ini siswa-siswi memilih sendiri secara langsung tanpa ada paksaan sedikitpun para kandidat calon ketua osis yang mereka anggap mampu memperjuangkan aspirasi mereka dihadapan kepala sekolah, bak PEMILU yang diadakan setiap 5 tahun sekali atau bahkan PILKADA di daerahnya sendiri-sendiri untuk memilih para pemimpin yang mereka anggap mampu merubah keadaan yang ada seperti apa yang mereka harapkan.

Seperti yang dilaksanakan di SMA PONDOK MODERN SELAMAT pada tanggal   2 oktober  2012 pada saat itu siswa siswi menuangkan aspirasi mereka secara langsung untuk memilih kandidat calon ketua osis masa bhakti 2012/2013, tak lama berselang bebrapa hai kemudian tepatnya pada tanggal   3 oktober 2012 dilakukan penghitungan suara secara langsung dengan siswa-siswi sebagai saksinya, jadi tidak mungkin ada kecurangan yang terjadi karena yang menjadi saksi langsun siswa-siswinya,itu merupakan kelebihan tersendiri dari apa yang terjadi di sini. Mereka rela meluangkan waktu mereka untuk menjadi saksi hidup penentuan ketua osis yang akan mewakili aspirasi mereka semua.

Perlu diperhatikan tentang pentingnya penerapan politik pada usia dini mengingat tentang bagaimana kejamnya ranah politik itu sendiri, jika tidak dibangun mulai dari sekarang, kapan lagi ? ataukah kita hanya bisa kaget dan tak bisa melakukan apa-apa jika entah bsuatu saat nanti kita akan menemui kerasnya ranah politik itu sendiri.

Pengirim : Mutia Ramadhani